Ramadhan Share Part 2 (Haid)

Faith

As a woman pastinya kita ga luput dari yang namanya kedatangan bulan yang pastinya tiap bulan normalnya. Ada yang berharap ga haid pas lagi puasa Ramadhan karena mungkin males ganti atau mau maksimal ibadahnya. Tapi janganlah berharap demikian, kan memang udah digariskan bagi para wanita untuk datang bulan, udah kodratnya, masa mau dilanggar?! Bahkan ada yang berusaha dengan menggunakan suntikan penghambat atau obat KB. Tapi lagi-lagi jangan, karena haid juga rezeki, bukan karena kita bisa lenyeh-lenyeh gitu aja, kan haid itu darah kotor yang harus dibuang, kalau ga terbuang-buang berarti ada yang salah donk sama tubuh kita??

Beberapa poin yang bisa dikutip dari Alkisah No. 19/8-21 Srpt 2008 tentang Haid:

Setiap saat, setiap detik di bulan Ramadhan bernilai pahala bagi orang ynag berpuasa. Namun jika di saat yang penuh berkah ini kita mendapatkan haid yang menghalangi kita melakukan sejumlah ibadah termasuk puasa, shalat, dan membaca qur’an. Padahal ibadah-ibadah itulah yang menghantarkan kita pada keberhasilan secara spiritual. Akankah kita kehilangan momen yang sangat berharga ini? TENTU TIDAK! Saat haid, wanita memang dilarang untuk melakukan sejumlah ibadah, namun itu tidak menghalanginya untuk beribadah lainnya, diantaranya BERDZIKIR. Di antara dzikir yang diperintahkan di bulan agung Ramadhan adalah syahadat, istighfar, disambung dengan meminta surga dan meminta dihindarkan dari api neraka. Jadi walau sedang haid kita tetap bisa melakukan ibadah lain yang tidak kalah nilanya!

Jika diujung haid, saat haid telah usai, seseorang berniat untuk mandi besar sebelum subuh tai ternyata ia tertidur dan bangun kesiangan sementara subuh telah lewat, apakah puasanya sah?? Puasanya tetap SAH, dengan syarat ia sudah berniat pada malam harinya untuk berpuasa. Karena yang disyaratkan puasa itu BUKAN SUCI dari haid atau nifas tapi TIDAK SEDANG haid atau nifas! Jadi yang disyaratkan bagi seorang perempuan yang berpuasa itu cuma nago (bersih, tidak ada darah yang keluar)..

Soo laadiiies…ayo bersama-sama menimbun pundi-pundi untuk Ramadhan yang lebih baik dari sebelumnya.. May Allah bless us always! Amin..

Sweety Kd

One thought on “Ramadhan Share Part 2 (Haid)

  1. terima kasih sharing info/ilmunya…
    saya membuat tulisan tentang “Benarkah Kita Hamba Allah?”
    silakan berkunjung ke:

    http://achmadfaisol.blogspot.com/2008/09/benarkah-kita-hamba-allah-1-of-2.html
    (link di atas adalah tulisan ke-1 dr 2 buah link benarkah kita hamba Allah?)

    Apakah Allah juga mengakui bahwa kita adalah hamba-Nya?

    semoga Allah menyatukan dan melembutkan hati semua umat Islam, amin…

    salam,
    achmad faisol
    http://achmadfaisol.blogspot.com/

What do you think? Leave a reply...

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s